5 Tips Jaring Banyak Followers di Instagram

Tak dapat dipungkiri, Instagram kini tak sebatas hanya menjadi layanan berbagi foto atau video saja.

Di dapuk sebagai "king of social engagement" oleh Forrester Research, wajar jika banyak pengguna, perusahaan atau merek besar mulai beralih ke Instagram untuk mempromosikan layanan atau jualannya.

Dengan angka interaksi pengguna yang tinggi dan 500 juta pengguna aktif tiap bulannya, tak mengherankan bila banyak pemilik akun Instagram berlomba untuk mendapatkan jumlah follower sebanyak-banyaknya.

Nah, bagi kamu yang ingin coba peruntungan berbisnis atau jadi selebritas Instagram. Berikut adalah 5 tips yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan follower lebih banyak, seperti dikutip dari laman Entrepreneur.

1. Tentukan Tema

Jangan terpaku di dalam satu tema saja, kamu harus berpikir kreatif tentang apa yang membuat posting-an kamu berbeda. Misalnya, mengolok diri sendiri-namun tidak berlebihan-, mengambil subjek foto yang unik, dan masih banyak ide-ide lainnya.

Jangan lupa untuk selalu melibatkan follower yang sudah kamu miliki. Jika tidak, follower yang sudah kamu miliki pun akan kabur.

Lihat juga:
Cara membuat Instagram
Cara menggunakan Instagram
Cara upload video ke Instagram
Cara upload foto di Instagram
Cara download video di Instagram
Aplikasi edit video Instagram

2. Jadwal Posting Harus Konsisten

Setidaknya, kamu mem-posting atau update konten akun Instagram kamu sekali sehari. Seperti tanaman, follower kamu akan semakin bertambah jika kamu rajin meng-upload foto atau video ke akun.

Ingat, setiap posting-an adalah kesempatan untuk menarik followers baru. Selain pengguna Instagram yang tak kamu kenal, ada kemungkinan kalau follower baru datang karena di mention oleh teman mereka yang sudah jadi follower kamu.

3. Gunakan Hastag

Di instagram, hashtag sangat berharga dan berguna. Mengapa? Karena orang sering kali mencari sesuatu menggunakan hastag. Sebelum menggunakan hastag, usahak untuk melakukan riset hashtag yang relevan dan sedang tren saat ini.

Usahakan untuk tidak memberikan hastag pada caption foto atau video, akan lebih baik bila kamu pasang hastag di kolom komentar

4. Bersenang-senanglah

Tak sebatas menarik dan kreatif, konten yang kamu posting pun harus menyenangkan dan bisa di share. Tidak ada yang akan mengambil screenshot kata-kata sempurna atau meme kamu, jika ada watermark besar yang menghalangi. Siapa pula yang akan share postingan tersebut?

Jika seseorang ingin me-repost konten kamu tapi kamu memasang iklan atau promosi yang besar di atasnya, maka tak ada satu orang pun yang mau me-repost.

5. Beri Watermark di Konten Asli

Beri seluruh konten kreasi kamu sendiri sehingga orang akan tahu siapa pembuatnya. Meski begitu, ingat memberikan watermark di seluruh konten kreasi kamu dalam ukuran yang sewajarnya.